URBANISASI

URBANISASI

Apa itu urbanisasi?
Apa keuntungan dan kekurangan urbanisasi?
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dan desa ke kota atau dan kota kecil ke kota besar. Orang yang melakukan urbanisasi disebut urban. Timbulnya perpindahan penduduk dan desa ke kota disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dari desa (push factors) dan faktor penarik (pull factory) dari kota.
Urbanisasi merupakan proses dimana adanya peningkatan proporsi penduduk yang tinggal diperkotaan. Urbanisasi merupakan masalah yang cukup serius bagi kita semua.persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan.
Jumlah peningkatan penduduk kota yang signifikan tanpa didukung dan diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan, fasilitas umum, aparat penegak hukum, perumahan, penyediaan pangan dan lain sebagainya tentu adalah sesuatu masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya. Berbeda dengan perspektif ilmu kependudukan, definisi urbanisasi berarti persentase penduduk yang tinggal didaerah perkotaan.
Perpindahan manusia dari desa kekota hanya salah satu penyebab urbanisasi. Perpindahan itu sendiri dikatagorikan menjadi dua macam:
  1. Migrasi penduduk yaitu perpindahan penduduk dari desa kekota dengan tujuan untuk tinggal menetap dikota
  2. Mobilitas penduduk yaitu perpindahan penduduk yang bersifat sementara atau tidak menetap.
Keuntungan urbanisasi bagi desa, yaitu:
  • Meningkatnya kesejahteraan penduduk melalui kiriman uang dan hasil pekerjaan di kota.
  • Mendorong pembangunan desa karena penduduk telah mengetahui kemajuan dikota.
  • Bagi desa yang padat penduduknya, urbanisasi dapat mengurangi jumlah penduduk.
  • Mengurangi jumlah pengangguran di pedesaan.
Kekurangan urbanisasi bagi desa, yaitu:
  • Desa kekurangan tenaga kerja untuk mengolah pertanian.
  • Perilaku yang tidak sesuai dengan norma setempat sering ditularkan dan kehidupan kota.
  • Desa banyak kehilangan penduduk yang berkualitas.
Keuntungan urbanisasi bagi kota, yaitu:
  • Kota dapat memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja.
  • Semakin banyaknya sumber daya manusia yang berkualitas.
Kekurangan urbanisasi bagi kota, yaitu:
  • Timbulnya pengangguran.
  • Munculnya tunawisma dan gubuk-gubuk liar di tengah-tengah kota.
  • Meningkatnya kemacetan lalu lintas.
  • Meningkatnya kejahatan, pelacuran, perjudian, dan bentuk masalah sosial lainnya.

Kesimpulan :
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Faktor penyebab terjadinya urbanisasi adalah faktor pendorong dari desa (push factors) dan faktor penarik dari kota (pull factors). Faktor penyebab terjadinya urbanisasi yang paling mendasar adalah jumlah pengangguran dipedesaan yang sangat banyak membuat mereka melakukan perpindahan ke kota karena dikota menyediakan lapangan kerja yang memadai dan menjamin kehidupan. Selain itu, urbanisasi dikategorikan menjadi dua, yaitu migrasi dan mobilitas. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan tinggal menetap dikota sedangkan mobilitas adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota sementara dan tidak menetap. Urbanisasi merupakan masalah sosial yang sedang melanda dinegara kita ini. Masalah ini tidak boleh dianggap sepele oleh kita karena akan berdampak buruk bagi negara kita ini apabila tidak ditanggulangi dengan serius.

Pendapat :
Menurut saya urbanisasi merupakan masalah sosial karena dengan meningkatnya urbanisasi yang tidak dapat diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang memadai sama saja akan meyebabkan kepadatan penduduk diwilayah perkotaan. Oleh karena itu, masalah ini dapat diatasi dengan cara penyebaran pembukaan lapangan kerja tidak hanya dipusatkan didaerah perkotaan saja juga harus disebarkan ke daerah yang memiliki tingkat pengangguran tinggi. Selain itu, masalah ini juga dapat diatasi dengan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat pedesaan dengan tujuan agar masyarakat bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri didaerahnya. Cara ini juga sangat efektif dilakukan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN yang akan terjadi pada akhir bulan desember ini. Karena dengan cara ini masyarakat dituntut agar mandiri dan bisa membuka lapangan kerja sendiri dan juga dapat bersaing dengan para pekerja dari negara-negara ASEAN yang lain.


http://www.pengertianahli.com/2014/03/pengertian-penyebab-dampak-urbanisasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

OFFICE AUTOMATION

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK