PROPOSAL CHILOKS BEST SOFTWARE DEVELOPMENT
PROPOSAL
CHILOKS BEST SOFTWARE
DEVELOPMENTS
Kelompok :
Chiloks
Kelas : 4IA20
Dosen : Lely Prananingrum
Dosen : Lely Prananingrum
Anggota :
1. Ramadhan Eko Nugroho 55415628
2. Diva Zara Hastiane 51415993
3. Aas Asiah 50415003
4. Bagas Suro Ismoyo 51415236
5. Friljes Grethard Triputra 52415784
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
KATA PENGANTAR
Segala
puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan
salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat
limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan proposal
ini guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Dalam penyusunan
proposal ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis
menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat
bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang
penulis hadapi teratasi.
Semoga proposal ini
dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada
pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Gunadarma. Kami sadar bahwa proposal
ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Bekasi, 25 Oktober 2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat
Perusahaan
Nama
perusahaan : Chiloks Software Development
Alamat perusahaan :
Jl. Kenari, No. 120 Jakarta Barat
No.
Telp
: (021)545435
1.2. Nama dan Alamat
Pemilik
Nama
pemilik : Ramadhan Eko Nugroho
Alamat pemilik : Jl. Kaliabang Tengah, No. 27 Bekasi Utara
No.
Telp : (021)232345
1.3. Nama dan Alamat
Penanggung jawab
Nama
: Diva Zara Hastiane
Alamat
: Taman Alamanda. Jl. Mawar No 45, Bekasi Utara
No.
Telp : (021)8853211
1.4. Informasi tentang
bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang pembuatan software seperti
aplikasi perkantoran, administrasi, manajemen perusahaan, pemerintahan,
aplikasi – aplikasi yang ditujukan untuk pendidikan dll. Software yang kami
buat bergaransi resmi. Perusahaan kami pun dapat melakukan developing atau
pengembangan software.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini,
maka kami harus mempersiapkan biaya sebagai modal usaha. Untuk metode
pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami
melalui website yang kami miliki sebagai media utama dalam memasarkan
produk-produk jasa kami, di tunjang juga dengan beberapa cara pemasaran
melalui sosial media serta penggunaan spanduk-spanduk yang akan kami pasang di
beberapa pusat keramaian seperti pusat pertokoan atau perbelanjaan, pintu masuk
perumahan, dsb.
Adapun maksud dan
tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.
Berperan aktif dalam
bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.
Menyediakan kebutuhan
perangkat lunak komputer (software) bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.
Mengurangi tingkat
pengangguran.
4.
Menjalin persahabatan
antara pelanggan (konsumen), dan
5.
Mendapatkan keuntungan
atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Kemajuan teknologi yang cukup pesat telah menjadi bagian dari
kehidupan masyarakat yang modern sehingga kebutuhan masyarakat akan teknologi
terbaru semakin tinggi seperti hal nya kebutuhan akan perangkat lunak komputer
(software) serta pengembangan dari software tersebut, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha yang up to date dan mengerti akan kebutuhan
masyarakat akan perangkat lunak komputer (software) serta pengembangan software
tersebut.
Perusahaan Bisnis Chiloks Software Development ini berdiri atas
kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta
pemahaman dalam bidang pengembangan perangkat lunak, bersamaan dengan
perkembangan perangkat lunak yang semakin pesat sehingga dibutuhkan
pengembangan serta penciptaan-penciptaan perangkat lunaknya yang baru dengan
kualitas yang dapat menunjang kebutuhan konsumen yang tentunya kami jual secara
resmi guna memberikan kenyamanan bagi konsumen.
Chiloks Software Development didirikan untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam bidang perangkat lunak yang tentunya kami jual
dengan garansi resmi langsung dari perusahaan kami serta legal secara hukum.
2.2. Visi dan Misi
Visi
-
Menjadi sebuah
perusahaan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu bersaing dalam dunia
global saat ini.
-
Mengembangkan
perangkat lunak dengan kualitas yang dapat menunjang kebutuhan konsumen.
-
Menjadikan sebuah
perusahaan yang up to date akan perangkat lunak computer.
Misi
-
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik
dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
-
Menjalin suatu
persahabatan antara pelanggan dan penjual.
-
Mengurangi tingkat
pengangguran.
Motto :
”Chiloks Software Development : Service and Quality 1’st ”
2.3. Ruangan / Tempat
yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini
tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x
8m. Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pusat
pertokoan Kranji, Jl. Jenggala Raya, No. 120 Bekasi Barat akses lokasi
mudah terlihat karena merupakan jalan akses bagi masyarakat sekitar. Sehingga
dapat di temukan dan dicari dengan mudah.
2.4. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 09.00
pagi sampaidengan pukul 17.00 petang.
2.5. Konsep Promosi
Pemasaran utama perusahaan kami menggunakan website serta
pemanfaatan media sosial dan juga membuat sebuah display di pintu gerbang
pertokoan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan
brosur promosi. Dengan cara ini kami optimis Chiloks Best Software akan lebih
mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.6. Target Pelanggan
Seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan perangkat lunak,
serta perkantoran guna untuk memenuhi kebutuhan dari sistem komputerisasi
masing-masing perusahaan, dan mengembangkan dan memperbaiki serta meningkatkan
sistem komputernya.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa
Depan Usaha
Dengan berdirinya tempat usaha yang bergerak di bidang jasa,
khususnya dalam hal peengembangan perangkat lunak dengan lokasi yang strategis,
maka kami yakin usaha ini akan mencapai kemajuan. Karena kebutuhan dan
permintaan pasar IT akan kebutuhan perangkat lunak di kalangan masyarakat pada
saat ini sangat besar.
3.2. Analisis
Persaingan
Berdasarkan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi
tempat kami mendirikan usaha pembuatan dan pengembangan perangkat lunak
ini masih belum terdapat jenis tempat usaha tersebut yang bergaransi resmi dan
legal, oleh karna itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan kelebihan
bergaransi resmi dan legal serta dengan kantor sebagai pusat pelayanan
pelanggan yang dirancang dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar
yang akan dimasuki
Chiloks Best Software Development membidik pasar mulai
dari masyarakat awam, perkantoran, serta beberapa masyarakat lainnya yang
memiliki kebutuhan tinggi akan penggunaan perangkat lunak sebagai penunjang
kegiatan keseharian maupun pekerjaan dengan memberikan harga yang relevan
dengan jenis dan keinginan perangkat lunak yang pelanggan inginkan.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan pelayanan kami dan senantiasa memberikan kami kepercayaan untuk menjadi
pembuat dan pengembang dari perangkat lunak yang diinginkan. Karena segmen
pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan
dengan usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pembuatan dan pengembangan
perangkat lunak, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan teknologi, maka
kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah. Hal ini mendorong
kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang
dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan penggunaan perangkat
lunak lainnya sehingga semakin banyak permintaan yang kami terima dalam berbagai
jenis perangkat lunak baik pembuatan baru atau hanya sekedar pengembangan
perangkat lunak tersebut, khusus untuk perkantoran banyak permintaan dalam hal
pengembangan software sebagai penunjang bisnis dan operasional perkantoran
tersebut.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan
memiliki beberapa keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan
dapat memuaskan konsumen,
·
Bermacam-macam jenis
perangkat lunak yang dihasilkan disertai garansi resmi langsung dari perusahaan
kami.
Kegunaan produk yaitu sebagai kebutuhan sehari-hari dengan
berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa
keistimewaan, diantaranya :
1.
Harga relevan dengan
jenis dan permintaan pelanggan,
2.
Kualitas produk
terjamin
3.
Bergaransi resmi
4.2. Ruang Lingkup
Usaha
Ruang lingkup usaha Chiloks Software Development ini kami
rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju
mundurya perusahaan kami, oleh karna itu kami berusaha memberikan sesuatu yang
terbaik untuk pelanggan.
Perusahaan Chiloks Software Development terletak di Jl.
Jenggala Raya Bekasi, No. 120 Bekasi Barat. Pusat pertokoan ini sudah memenuhi
persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu
jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan
sangant mudah, karena merupakan jalan utama.
4.3. Personalia dan
Perlengkapan Kantor
Pemilik
: Ramadhan Eko Nugroho
Penanggung
Jawab : Diva Zara Hastiane
Sekretaris
: Aas Asiah
Bendahara
: Bagas Suro Ismoyo
Humas
: Friljes GTH
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Chiloks
Best Software Development ini dapat dilihat sebagai berikut :
Gambar
Diagram Proses Produksi.
5.2. Sumber-sumber
Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber supplier hardware maupun software sebagai
alat dan bahan dalam pembuatan perangkat lunak dan pengembangannya, kami
memilih supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi resmi dan
telah teruji kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai
pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan
terjangkau oleh costumer. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya
kami tetapkan harga berikut sesuai jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami
yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat mempromosikan
layanan jasa sebanyak-banyaknya dan lebih mendekatkan diri pada konsumen,
sehingga lebih mudah dalam pemasaranya dan menghasilkan keuntungan yang
sebanyak-banyaknya dengan tetap mengutamakan kualitas yang terbaik.
6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain
:
·
Menyebarluaskan alamat
website kami ke masyarakat luas
·
Membuat
pamflet-pamflet berisi info pelayanan jasa yang akan ditempel tiap
bulannya.
·
Melakukan pengiklanan
online melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat promo / diskon
setahun sekali pada saat ulang tahun perusahaan.
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1. Job Description
·
Pemilik usaha bertugas
untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil
usaha.
·
Sekretaris bertugas
untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·
Bendahara bertugas
untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
·
Penanggung jawab
bertugas untuk bertanggung jawab mengenai operasional haria perusahaan dan
bertanggung jawab untuk memantau cara kerja karyawan dalam melayani pelanggan.
·
Karyawan bertugas
melayani para pelanggan dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2. Latar Belakang
Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari orang-orang
terdekat yang dipercayai dapat memajukan perusahaan yang berhubungan dengan
pelayanan konsumen tersebut. Selain itu dituntut profesionalisme dalam
menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang
bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Chiloks Best
Software Development yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung
oleh pemilik perusahaan
BAB VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi tentang
kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
·
Strength (Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab,
disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi
kebutuhan pelanggan.
3.
Memberikan pelayanan
terbaik terhadap pelanggan
4.
Menjual produk yang
berkualitas
·
Weaknes (Kelemahan)
1.
Persaingan pasar
dengan perusahaan yang berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi
perekonomian
·
Oportunity (Peluang)
1.
Dengan tetap manjaga
mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus
bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.
Saat ini dengan belum
adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di pusat pertokoan Sumarecon
Bekasi, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
·
Threaty (Ancaman)
1.
Munculnya Perusahaan –
perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan
beraneka ragam promosi diskon.
8.2. Gambaran tentang
Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan
jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya
usaha-usaha sejenis yang bermunculan dengan melakukan berbagai cara dalam
mempromosikan produk jasa terhadap masyarakat luas yang lebih murah ataupun
usaha yang berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang
mendatangi perusahaan-perusahaan lainnya yang sejenis. Sebagai upaya untuk
mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan meningkatkan mutu dan
kualitas yang terbaik untuk hasil produk yang terbaru dan maupun pengembangan
produk, tentunya bergaransi resmi langsung dari perusahaan kami yang
sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan begitu pelanggan akan memiliki
keterkaitan dan terus memberikan kepercayaan terhadap perusahaan kami
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Chiloks Best Software
Development yaitu dari pemilik usaha sendiri. Sebagai investasinya untuk
itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan jasa.
9.2. Neraca Permulaan
Perusahaan
Biaya produksi per
tahun terdiri dari :
1.
Modal awal Produksi
Renovasi awal dan
desain
interior
Rp. 20.000.000,-
Penjualan jasa yang
dijual
Rp. 28.700.000,-
Biaya opening dan
promosi
awal
Rp. 5.000.000,-
Biaya gaji karyawan
tahun
pertama
Rp. 50.000.000,- +
Jumlah modal
produksi Rp.103.700.000,-
2.
Biaya lain-lain
Listrik
Rp. 12.000.000,-
Asuransi
Rp. 11.000.000,-
Transportasi
Rp. 6.500.000,-
Administrasi
Rp. 4.500.000,-
Pajak
Rp.
2.750.000,-
Pemeliharaan gedung
dan
peralatan
Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya
lain-lain
Rp. 42.750.000,-
3.
Total seluruh biaya
produksi (1+2)
Jumlah modal
produksi
Rp. 103.700.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp. 43.750.000,- +
Total
Rp. 147.450.000,-
9.3. Proyeksi Aliran
Kas
Untuk usaha ini kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari
penghasilan. Rata-rata untuk perusahaan kami ini, akan mampu menjual jasa
sekitar 37 juta hasil penjualan jasa pertahun, sehingga jika diambil keuntungan
bersih pertahun adalah sekitar 20 – 30 juta pertahun. Sehingga, pada tahun
kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami
tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi
ke luar daerah.
9.4. Analisis titik
Impas (BEP)
Untuk menganalisis titik impas dari produk kami, kami mengambil
sampel dari jenis kaos dengan. Biaya tetap yang anda keluarkan adalah
50.000.000. Biaya variabelnya sebesar 500.000 ribu rupiah per unit. Kemudian
anda berencana menjual macam-macam jus buah tersebut dengan harga 5 ribu rupiah
per gelas. Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1.
BEP (dalam unit) =
250.000 : (5.000 – 3.000) = 125 unit.
2.
BEP (dalam rupiah) =
250.000 : 1 – (3.000 : 5.000) = 625000 rupiah.
catatan :
Jadi, anda harus berjualan jus buah sebanyak 125 gelas atau
menjual sebesar 625 ribu rupiah agar anda mencapai titik impas. Maksudnya
adalah 125 gelas atau 625 ribu rupiah tadi sudah bisa anda gunakan buat bayar
semua pengeluaran usaha jus anda tanpa anda harus rugi.
Dan apabila anda mampu menjual 126 gelas, berarti yang satu
gelas tadilah keuntungan anda. Paham kan? Kesimpulannya adalah apapun tipe
bisnis anda, di awal anda melangkah, usahakan selalu menghitung berapa titik
impas atau BEP produk anda. Jadi anda sudah punya bayangan, oo…harus jual
segini tho agar usahaku aman. Atau oo…harus dapat pemasukan segini buat bisa
jalan lagi. Analisa Keuangan 4 Tahun Mendatang.
9.5. Perencanaan Laba
Rugi (CASH FLOW)
Komentar
Posting Komentar