PROPOSAL CHILOKS BEST SOFTWARE DEVELOPMENT


PROPOSAL
CHILOKS BEST SOFTWARE
DEVELOPMENTS
Kelompok          : Chiloks
Kelas                  : 4IA20

Dosen                 : Lely Prananingrum
Anggota :
1. Ramadhan Eko Nugroho 55415628
2. Diva Zara Hastiane 51415993
3. Aas Asiah 50415003
4. Bagas Suro Ismoyo 51415236
5. Friljes Grethard Triputra 52415784


TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
KATA PENGANTAR

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  proposal ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Dalam penyusunan proposal ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Gunadarma. Kami sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


Bekasi, 25 Oktober 2018





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan   : Chiloks Software Development
Alamat perusahaan : Jl. Kenari, No. 120 Jakarta Barat
No. Telp                 : (021)545435
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik    : Ramadhan Eko Nugroho
Alamat pemilik  : Jl. Kaliabang Tengah, No. 27 Bekasi Utara
No. Telp            : (021)232345
1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama              : Diva Zara Hastiane
Alamat            : Taman Alamanda. Jl. Mawar No 45, Bekasi Utara
No. Telp          : (021)8853211
1.4. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang pembuatan software seperti aplikasi perkantoran, administrasi, manajemen perusahaan, pemerintahan, aplikasi – aplikasi yang ditujukan untuk pendidikan dll. Software yang kami buat bergaransi resmi. Perusahaan kami pun dapat melakukan developing atau pengembangan software.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempersiapkan biaya sebagai modal usaha. Untuk metode pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui website yang kami miliki sebagai media utama dalam memasarkan produk-produk jasa kami, di tunjang  juga dengan beberapa cara pemasaran melalui sosial media serta penggunaan spanduk-spanduk yang akan kami pasang di beberapa pusat keramaian seperti pusat pertokoan atau perbelanjaan, pintu masuk perumahan, dsb.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.     Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.     Menyediakan kebutuhan perangkat lunak komputer (software) bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.     Mengurangi tingkat pengangguran.
4.     Menjalin persahabatan antara pelanggan (konsumen), dan
5.     Mendapatkan keuntungan atau laba.





BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1. Latar Belakang
Kemajuan teknologi yang cukup pesat telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang modern sehingga kebutuhan masyarakat akan teknologi terbaru semakin tinggi seperti hal nya kebutuhan akan perangkat lunak komputer (software) serta pengembangan dari software tersebut, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat akan perangkat lunak komputer (software) serta pengembangan software tersebut.
Perusahaan Bisnis Chiloks Software Development ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang pengembangan perangkat lunak, bersamaan dengan perkembangan perangkat lunak yang semakin pesat sehingga dibutuhkan pengembangan serta penciptaan-penciptaan perangkat lunaknya yang baru dengan kualitas yang dapat menunjang kebutuhan konsumen yang tentunya kami jual secara resmi guna memberikan kenyamanan bagi konsumen.
Chiloks Software Development  didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang perangkat lunak yang tentunya kami jual dengan garansi resmi langsung dari perusahaan kami serta legal secara hukum.



2.2. Visi dan Misi
Visi
-       Menjadi sebuah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu bersaing dalam dunia global saat ini.
-       Mengembangkan perangkat lunak dengan kualitas yang dapat menunjang kebutuhan konsumen.
-       Menjadikan sebuah perusahaan yang up to date akan perangkat lunak computer.
Misi
-        Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
-       Menjalin suatu persahabatan antara pelanggan dan penjual.
-       Mengurangi tingkat pengangguran.
Motto   : ”Chiloks Software Development : Service and Quality 1’st ”
2.3. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x 8m. Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pusat pertokoan  Kranji, Jl. Jenggala Raya, No. 120 Bekasi Barat akses lokasi mudah terlihat karena merupakan jalan akses bagi masyarakat sekitar. Sehingga dapat di temukan dan dicari dengan mudah.
2.4. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampaidengan pukul 17.00 petang.
2.5. Konsep Promosi
Pemasaran utama perusahaan kami menggunakan website serta pemanfaatan media sosial dan juga membuat sebuah display di pintu gerbang pertokoan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi. Dengan cara ini kami optimis Chiloks Best Software akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.6. Target Pelanggan
Seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan perangkat lunak, serta perkantoran guna untuk memenuhi kebutuhan dari sistem komputerisasi masing-masing perusahaan, dan mengembangkan dan memperbaiki serta meningkatkan sistem komputernya.








BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan berdirinya tempat usaha yang bergerak di bidang jasa, khususnya dalam hal peengembangan perangkat lunak dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan mencapai kemajuan. Karena kebutuhan dan permintaan pasar IT akan kebutuhan perangkat lunak di kalangan masyarakat pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat  kami mendirikan usaha pembuatan dan pengembangan perangkat lunak ini masih belum terdapat jenis tempat usaha tersebut yang bergaransi resmi dan legal, oleh karna itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan kelebihan bergaransi resmi dan legal serta dengan kantor sebagai pusat pelayanan pelanggan yang dirancang dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Chiloks Best Software Development  membidik pasar mulai dari masyarakat awam, perkantoran, serta beberapa masyarakat lainnya yang memiliki kebutuhan tinggi akan penggunaan perangkat lunak sebagai penunjang kegiatan keseharian maupun pekerjaan dengan memberikan harga yang relevan dengan jenis dan keinginan perangkat lunak yang pelanggan inginkan.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan pelayanan kami dan senantiasa memberikan kami kepercayaan untuk menjadi pembuat dan pengembang dari perangkat lunak yang diinginkan. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pembuatan dan pengembangan perangkat lunak, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan teknologi, maka kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.









BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan penggunaan perangkat lunak lainnya sehingga semakin banyak permintaan yang kami terima dalam berbagai jenis perangkat lunak baik pembuatan baru atau hanya sekedar pengembangan perangkat lunak tersebut, khusus untuk perkantoran banyak permintaan dalam hal pengembangan software sebagai penunjang bisnis dan operasional perkantoran tersebut.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·       Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·       Bermacam-macam jenis perangkat lunak yang dihasilkan disertai garansi resmi langsung dari perusahaan kami.
Kegunaan produk yaitu sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
1.     Harga relevan dengan jenis dan permintaan pelanggan,
2.     Kualitas produk terjamin
3.     Bergaransi resmi
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha Chiloks Software Development ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurya perusahaan kami, oleh karna itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk pelanggan.
Perusahaan Chiloks Software Development  terletak di Jl. Jenggala Raya Bekasi, No. 120 Bekasi Barat. Pusat pertokoan ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sangant mudah, karena merupakan jalan utama.
4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik                         : Ramadhan Eko Nugroho
Penanggung Jawab       : Diva Zara Hastiane
Sekretaris                     :  Aas Asiah
Bendahara                    : Bagas Suro Ismoyo
Humas                         : Friljes GTH




BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Chiloks Best Software Development   ini dapat dilihat sebagai berikut :

Gambar Diagram Proses Produksi.

 5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber supplier hardware maupun software sebagai alat dan bahan dalam pembuatan perangkat lunak dan pengembangannya, kami memilih supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi resmi dan telah teruji kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh costumer. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan harga berikut sesuai jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
penetapan harga
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat mempromosikan layanan jasa sebanyak-banyaknya dan lebih mendekatkan diri pada konsumen, sehingga lebih mudah dalam pemasaranya dan menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya dengan tetap mengutamakan kualitas yang terbaik.

6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·       Menyebarluaskan alamat website kami ke masyarakat luas
·       Membuat pamflet-pamflet berisi info pelayanan jasa yang akan ditempel tiap  bulannya.
·       Melakukan pengiklanan online melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·       Membuat promo / diskon setahun sekali pada saat ulang tahun perusahaan.
























BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1. Job Description
·       Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
·       Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·       Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
·       Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai operasional haria perusahaan dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja karyawan dalam melayani pelanggan.
·       Karyawan bertugas melayani para pelanggan dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2. Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan konsumen tersebut. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Chiloks Best Software Development  yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik perusahaan
BAB VIII
RISIKO

8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
·       Strength (Kekuatan)
1.     Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.     Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
3.     Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.     Menjual produk yang berkualitas
·       Weaknes (Kelemahan)
1.     Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.     Berubahnya kondisi perekonomian
·       Oportunity (Peluang)
1.     Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.     Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di pusat pertokoan Sumarecon Bekasi, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
·       Threaty (Ancaman)
1.     Munculnya Perusahaan – perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon.

8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya usaha-usaha  sejenis yang bermunculan dengan melakukan berbagai cara dalam mempromosikan produk jasa terhadap masyarakat luas yang lebih murah ataupun usaha yang berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mendatangi perusahaan-perusahaan lainnya yang sejenis. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan meningkatkan mutu dan kualitas yang terbaik untuk hasil produk yang terbaru dan maupun pengembangan produk, tentunya bergaransi resmi langsung dari perusahaan kami  yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus memberikan kepercayaan terhadap perusahaan kami







BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Chiloks Best Software Development  yaitu dari pemilik usaha sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan jasa.
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri dari :
1.     Modal awal Produksi
Renovasi awal dan desain interior                   Rp. 20.000.000,-
Penjualan jasa yang dijual                                Rp. 28.700.000,-
Biaya opening dan promosi awal                     Rp.   5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama                 Rp. 50.000.000,-      +
Jumlah modal produksi                                    Rp.103.700.000,-
2.     Biaya lain-lain
Listrik                                                              Rp. 12.000.000,-
Asuransi                                                          Rp. 11.000.000,-
Transportasi                                                     Rp.   6.500.000,-
Administrasi                                                    Rp.   4.500.000,-
Pajak                                                                Rp.   2.750.000,-
Pemeliharaan gedung dan peralatan                Rp.   6.000.000,-      +
Jumlah biaya lain-lain                                     Rp. 42.750.000,-
3.     Total seluruh biaya produksi (1+2)
Jumlah modal produksi                                    Rp. 103.700.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                      Rp.   43.750.000,-    +
Total                                                                 Rp. 147.450.000,-
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk usaha ini kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk perusahaan kami ini, akan mampu menjual jasa sekitar 37 juta hasil penjualan jasa pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 20 – 30 juta pertahun. Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4. Analisis titik Impas (BEP)
Untuk menganalisis titik impas dari produk kami, kami mengambil sampel dari jenis kaos dengan. Biaya tetap yang anda keluarkan adalah 50.000.000. Biaya variabelnya sebesar 500.000 ribu rupiah per unit. Kemudian anda berencana menjual macam-macam jus buah tersebut dengan harga 5 ribu rupiah per gelas. Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1.     BEP (dalam unit) = 250.000 : (5.000 – 3.000) = 125 unit.
2.     BEP (dalam rupiah) = 250.000 : 1 – (3.000 : 5.000) = 625000 rupiah.
catatan :
Jadi, anda harus berjualan jus buah sebanyak 125 gelas atau menjual sebesar 625 ribu rupiah agar anda mencapai titik impas. Maksudnya adalah 125 gelas atau 625 ribu rupiah tadi sudah bisa anda gunakan buat bayar semua pengeluaran usaha jus anda tanpa anda harus rugi.
Dan apabila anda mampu menjual 126 gelas, berarti yang satu gelas tadilah keuntungan anda. Paham kan? Kesimpulannya adalah apapun tipe bisnis anda, di awal anda melangkah, usahakan selalu menghitung berapa titik impas atau BEP produk anda. Jadi anda sudah punya bayangan, oo…harus jual segini tho agar usahaku aman. Atau oo…harus dapat pemasukan segini buat bisa jalan lagi. Analisa Keuangan 4 Tahun Mendatang.
9.5. Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK

OFFICE AUTOMATION