RUMUSAN MASALAH TENTANG KEUNGGULAN MANUSIA INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN

Rumusan Tentang Manusia Indonesia Memiliki Keunggulan Apa Saja? Apa Yang Membuat Manusia Indonesia Unngul dari Negara Lain? Apakah Ada Kaitannya dengan Budaya Indonesia?
Rumusan Keunggulan Manusia Indonesia dengan Negara Lain
Pertama, Indonesia berada di lokasi yang sangat strategis dan mungkin merupakan wilayah otoritatif yang memiliki lokasi geografis yang paling strategis di bumi. Jika kita lihat peta bumi keseluruhan memang negara kita sangat menonjol lokasinya di antara dua benua dan dua samudera dan bentuknya yang berupa kepulauan menyebabkan negara kita sangat strategis. Buktinya 45% jalur perdagangan laut dunia melewati Indonesia. Ya, kita bukan negara yang terkunci, kita bukan negara yang lokasinya terisolir, ini jelas menjadi faktor keuntungan indonesia untuk semakin maju.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9mtXppKtukl2_HSUPqRDifD6dYLWe_A-sINCP7KtdKoxOTQO9UKNsRJX13aBaGrkZh7BeMzS326gtoJaUJYxmbTlDXV6P3wSZl0ah3Bv8a7P8575u3UFrwNDPNz5OpMxhOtL7g38K4suC/s1600/Jalur+Perdagangan.jpg

Kedua, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Meskipun mengatur manusia itu sulit apalagi jumlahnya banyak namun bagaimanapun sumber daya manusia tetap menjadi modal utama bagi suatu pertumbunhan ekonomi karena manusialah yang mengolah faktor produksi untuk menghasilkan produk. Banyak negara lain yang sampai harus mendatangkan sumber daya manusia dari luar untuk mengolah faktor produksi mereka.

Ketiga, Indonesia adalah negara paling demokratis di Asia Tenggara dan mungkin se-Asia Timur raya, sehingga layak menjadi contoh bagi negara-negara di Asia. Seperti kita ketahui demokrasi membawa peluang ekonomi yang lebih luas.

Keempat, Indonesia adalah negara beriklim muson tropis, Keunggulan iklim muson tropis diantaranya adalah temperatur yang tidak terlalu ekstrim, dengan kata lain tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Di samping itu, iklim muson tropis juga mengakibatkan terjadinya musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap setengah tahun (6 bulan) sekali. Keadaan ini menyebabkan masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun.

Kelima, Indonesia adalah negara yang sudah memiliki karakter multikultural karena hubungan dengan wilayah-wilayah lain di masa lampau baik di dalam maupun di luar kepulauan nusantara. Karakter multikulural ini merupakan aset penting terutama dalam menghadapi globalisasi. Globalisasi akan menjadikan masyarakat semakin heterogen dan sebenarnya negara kita sudah mengalaminya sejak dulu karena lokasi kita di persimpangan dunia. Jadi dalam globalisasi ini seharusnya Indonesia bisa lebih unggul dari negara-negara yang masyarakatnya homogen.
Kaitannya dengan Budaya Kita
Kita dapat melihat 'tampilan fisik' suatu negara dari infrastrukturnya, makanannya, flora dan fauna, perwujudan fisik budayanya seperti pakaian khas, makanan khas, seni musik, seni tari bahkan sampai ke manusianya. Sebagian besar orang masih merasa kurang bangga dengan 'tampilan fisik' Indonesia karena masih banyak kekumuhan, belum banyak kecanggihan di infrastruktur, banyak kesemrawutan, dll. Beda dengan negara-negara Eropa atau Asia Timur yang rapi, banyak infrastruktur canggih, banyak makanan yang populer, dan sebagainya.

Untuk beberapa hal seperti infrastruktur dan kerapihan kita memang masih tertinggal, namun kita memiliki banyak keunggulan di 'tampilan fisik' lainnya dan keunggulan ini yang harus ditonjolkan misalnya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan letaknya di wilayah tropis dan berada di jalur ring of fire menjadikan 'tampilan fisik' alam yang indah dan eksotis yang melimpah ruah seperti laut, pantai, sawah, pegunungan, hutan tropis dll.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9tplqKa40z1zSkA4cvpOtOSTzvEU2-fXokXpyds87qBGdEBAGCcxd2iQjomeyQ1YYxfrXNMKt-FgZG1H630uNvYnV71GpD8pNKoRoOMmyqa9MDHWr1dIaOlPpVI39ztJUkpvweuIjQu3E/s1600/Kepulauan+Indonesia.JPG

Kita juga memiliki banyak hasil budaya yang beraneka ragam, posisi strategis Indonesia yang terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik dan Benua Asia dan Australia telah menyebabkan sejarah budaya yang sangat menarik dan kompleks. Alhasil dari Sabang ke Merauke kita dapat menemukan 'tampilan fisik' budaya yang beraneka ragam mulai dari Melayu, Minang, Batak, Jawa, Dayak, Papua, Tionghoa dll.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiGs_ESvLaCt7b36dSpBYfYcZNzbhfjhEvyHxF3IzWDMpXz8KovjU70zpXg6SwpPdGnjwKmSMBRhTRVx2ypOO4vMYgCA5F9xseOZM8i_9UN4L5hdh_dT7l_hwPp4f9L4B33o8_kLiFXFkQ/s1600/Budaya+Indonesia.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTcTsKeluDgTLOogpeLWwIaIh3TuxSCcJwF_NkAgbqA-IExffj_N7_ZzYrwOE1uaSHE6cqa2MhzS-5sbjBvgzJUZsN_cD0P_z4a8Kl2nVSnjkTYVUgm6LLd9ArbSp64lHj5r1e5awJaRNg/s1600/Baju+adat+Indonesia.JPG

Dari segi makanan, Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang berlimpah-limpah dan rasanya beraneka ragam dan mungkin sangat unik untuk orang asing. Beberapa makanan kita pernah dinobatkan di jajaran atas makanan terenak di dunia. Jika ada warga asing yang masih enggan masakan Indonesia katakan saja bahwa makanan Indonesia adalah campuran cita rasa Tiongkok, India & Thailand, pasti mereka akan penasaran dan tertarik dengan keunikan makanan kita. Ini karena memang makanan kita tidak populer dan hampir tidak pernah terdengar di dunia luar. Lihat saja acara Masterchef US, mana pernah ada yg masak makanan bertemakan Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKVs1sAoJL3tfsEdRXpyS9niXcBywkiwanZ177yRPR6095cbZaqLaA90oelhJXL7K5wpPKFHJh4gg7JkAwIuj6omVVsSWR-lqvGGWnLj7cftRcjKMZdgdlefQnH4xEGhjf_6uzhrBoK0xX/s1600/BxG-MekCQAAwEvE.jpg+large.jpg

Dari segi flora dan fauna, Indonesia adalah negara megadiversity keanekaragaman hayati terkaya nomor dua di dunia. Karena itu 'tampilan fisik' flora dan fauna di negara kita sangat amat bervariasi dan indah. Dari segi seni musik kita mempunyai gamelan, angklung dan lain-lain yang sangat disukai orang asing dan tiada duanya di dunia. Dari segi seni tari kita memiliki tari tardisional yang melimpah ruah yang unik dan indah, sebut saja tari Serimpi, Legong, Jaipong, Saman, tari Dayak dan lain-lain.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTnclkHEpxn3hJlCm2P4gVlXK-PsyJE7LxWL5uqYGMvT5DpxDN0QIp7CmCxhB7AIKjekngd-MkStXJaRoMQnb64_MjrjKgI8hPMVw9F3rkW6DUliTUfdaYqgmmXSC_Ox51B4QF4vl6fYar/s1600/Indonesian+dance.JPG

Dari sisi 'tampilan' manusia kita memiliki banyak wajah, semua tampilan Asia dan Pasifik ada di Indonesia (mungkin tiada duanya di dunia) mulai dari tampilan khas mongoloid (melayu dan oriental), arab-india, dan melanesia. Manusianya pun dikenal sebagai manusia paling murah senyum di dunia. Jadi jika saat ini Anda masih merasa tubuh jangkung, wajah putih, dan rambut pirang adalah yang paling keren, mungkin Anda harus berpikir ulang karena masing-masing manusia secara fisik mempunyai kelebihannya masing-masing.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRlt68QKEn9fD-iPz0YJvhPG_HxB7IHytJUtlTWsPjSGsZ1UQeqAy9dwRSM1dTH0J4Dn44023MBm4ioG64OAMjd07GPMgsa_mPPCsXxRpBnwYhTbbt5m-psBIpQL0eJ7hbl5VJ1ed1PxyB/s1600/Wajah+Indonesia.JPG


Bahkan dari segi tampilan fisik di peta dunia, negara kita sangat unik menonjol. Tidak ada negara lain yang bentuknya di atas peta seperti Indonesia yang terdiri dari kumpulan kepulauan-kepulauan besar dan melebar dengan bentuk yang sangat khas dan secara vertikal terletak persis di tengah-tengah peta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

OFFICE AUTOMATION

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK