Konsep Game Dengan Pengambilan Keputusan


Nama   : Ramadhan Eko Nugroho
Kelas    : 3IA20
NPM    : 55415628


2. Tulisan
Rocket League/Pengambilan keputusan
Rocket League adalah permainan mobil-sepak bola yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Psyonix pada Juli 2015. Rocket League sendiri sebenarnya merupakan sequel dari permainan Psyonix sebelumnya, yaitu Supersonic Acrobatic Rocket-Powered Battle-Cars, yang diterbitkan pada tahun 2008 untuk Playstation 3. Walaupun tidak terlalu terkenal, game tersebut mendapatkan banyak penggemar. Sejak tahun 2013, Rocket League mulai dikembangkan bersama dengan kritik dan masukan dari para penggemar. Akhirnya pada Juli 2015, Rocket League resmi diterbitkan dan sukses, yang sampai sekarang telah meraih penghargaan-penghargaan dari industri game, dan mencapai 6 juta penjualan dan minimal 18 juta pemain unik setelah 1 tahun diterbitkan. Rocket League juga telah  diadposi menjadi bagian dari eSport, yang merupakan bidang olahraga elektronik yang memiliki kompetisikompetisi besar berskala internasional. Permainan ini pada esensinya sama dengan olahraga sepak bola, namun para pemain tidak akan mengendalikan manusia, namun mengendalikan mobil untuk mengarahkan bola ke gawang milik lawan. Mobil yang digunakan juga dilengkapi dengan booster, yang dapat digunakan oleh pemain untuk melaju lebih cepat. Walaupun begitu, kapasitas boost yang dimiliki pemain terbatas, dan dapat diisi ulang dengan mengambil speed boost yang tersebar di lapangan. Speed boost kecil yang diambil akan menambah boost sebanyak 12, dan yang besar akan menambah boost sampai maksimal (100).

Card Battle/Logic Fuzzy
Permainan kartu disukai oleh banyak orang karena banyak jenis permainan yang bisa dimainkan hanya dengan sekotak kartu. Perkembangan permainan kartu dijaman sekarang, membuat permainan kartu tidak hanya meggunakan sekotak kartu remi. Mungkin banyak orang pernah memainkan game ini, yaitu Card Battle. Salah satu contoh dari game Card Battle yaitu YU-GI-OH. Dimana pemain harus mengeluarkan kartu untuk mengalahkan lawan. Card Battle biasanya dimainkan oleh dua orang, dimana pemain saling bertarung dengan kartu yang dimiliki masing-masing pemain. Pemain juga bisa bermain Card Battle sendirian dengan lawan main yaitu komputer. Meskipun bermain dengan komputer, bukan berarti mudah untuk mengalahkanya, karena lawan main atau komputer dalam game card battle telah diterapkan Artificial Intelligence (AI) atau sering disebut juga sebagai kecerdasan buatan untuk mengatur pola pikir komputer pada saat kondisi bermain. Pada game ini pemain tidak harus memilih sebuah kotak yang berisi kartu monster atau semacamnya. Karena pada game ini pemain akan diberi beberapa lembar kartu yang akan keluar secara acak yang mempunyai nilai atau angka untuk menentukan serangan dan pertahanan pemain. Pada game ini pemain akan melawan komputer. Misalkan komputer yang akan dilawan pemain tidak memiliki AI (Artificial Intteligence), akan mudah saja bagi pemain untuk mengalahkan komputer. Penerapan AI pada game ini sangat dibutuhkan untuk membuat permainan lebih menarik dan membuat komputer dapat memilih kartu yang tepat berdasarkan kondisi saat bermain.
Game Stochastic/Sistem Markov
Dalam teori permainan, permainan stochastic, diperkenalkan oleh Lloyd Shapley di awal 1950-an, adalah permainan dinamis dengan transisi probabilistik yang dimainkan oleh satu atau lebih pemain. Gim ini dimainkan secara berurutan. Pada awal setiap tahap permainan ada di beberapa negara bagian. Para pemain memilih tindakan dan setiap pemain menerima pembayaran yang tergantung pada keadaan saat ini dan tindakan yang dipilih. Permainan kemudian pindah ke keadaan acak baru yang distribusinya tergantung pada keadaan sebelumnya dan tindakan yang dipilih oleh pemain. Prosedur ini diulang pada keadaan baru dan bermain terus untuk sejumlah tahap yang terbatas atau tak terbatas. Imbalan total untuk pemain sering dianggap sebagai jumlah diskon dari pembayaran tahap atau batas lebih rendah dari rata-rata dari pembayaran tahap.
Permainan stokastik menyamaratakan proses pengambilan keputusan Markov dan permainan berulang.

Game Telltale Series/State Machine
Saat di mode free room, pemain dapat dengan bebas mengulangi satu state berkali-kali sampai akhirnya menyelesaikan puzzle.
Misal, ketika Jesse Clementine yang tangannya terluka parah akibat gigitan anjing, ia masuk mengendap-endap ke seluruh ruangan penginapan Luke untuk mencari obat-obatan. Atau di akhir season 1 Minecraft: Story Mode ketika Jesse harus menyelesaikan puzzle untuk mendapatkan lokasi dari anggota The Order of The Stone yang lainnya di peta.

Game Tetris
Tetris adalah permainan teka-teki bangunan yang pertama kalinya didesain oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, saat itu, ia masih bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow, nama tetris sendiri diambil dari bahasa numerik yunani, yaitu tetra yang artinya empat. Empat sendiri adalah jumah susunan balok yang bisa diubah-ubah ke dalam berbagai bentuk untuk selanjutnya disusun oleh si pemain untuk dapat saling terkunci.

References By: 
http://sisteminfomasi.blogspot.co.id/2010/05/aplikasi-sistem-pakar-diagnosa-penyakit.html
https://syaifulmaarif374.wordpress.com/2015/10/23/rantai-markov/
http://diagram-uml.blogspot.co.id/2012/09/state-machine-diagram.html
http://dua7an.blogspot.co.id/2013/12/tentang-pohon-keputusan-decision-tree.html
http://danas0230.blogspot.co.id/2011/09/tugas-2-sistem-pakar-rule-based-system.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

OFFICE AUTOMATION

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK