Konsep Game Dengan Pengambilan Keputusan
Nama : Ramadhan Eko Nugroho
Kelas : 3IA20
NPM : 55415628
2.
Tulisan
Rocket League/Pengambilan keputusan
Rocket League adalah permainan mobil-sepak bola yang
dikembangkan dan diterbitkan oleh Psyonix pada Juli 2015. Rocket League sendiri
sebenarnya merupakan sequel dari permainan Psyonix sebelumnya, yaitu Supersonic
Acrobatic Rocket-Powered Battle-Cars, yang diterbitkan pada tahun 2008 untuk
Playstation 3. Walaupun tidak terlalu terkenal, game tersebut mendapatkan
banyak penggemar. Sejak tahun 2013, Rocket League mulai dikembangkan bersama
dengan kritik dan masukan dari para penggemar. Akhirnya pada Juli 2015, Rocket
League resmi diterbitkan dan sukses, yang sampai sekarang telah meraih
penghargaan-penghargaan dari industri game, dan mencapai 6 juta penjualan dan
minimal 18 juta pemain unik setelah 1 tahun diterbitkan. Rocket League juga
telah diadposi menjadi bagian dari
eSport, yang merupakan bidang olahraga elektronik yang memiliki
kompetisikompetisi besar berskala internasional. Permainan ini pada esensinya
sama dengan olahraga sepak bola, namun para pemain tidak akan mengendalikan
manusia, namun mengendalikan mobil untuk mengarahkan bola ke gawang milik
lawan. Mobil yang digunakan juga dilengkapi dengan booster, yang dapat
digunakan oleh pemain untuk melaju lebih cepat. Walaupun begitu, kapasitas
boost yang dimiliki pemain terbatas, dan dapat diisi ulang dengan mengambil
speed boost yang tersebar di lapangan. Speed boost kecil yang diambil akan
menambah boost sebanyak 12, dan yang besar akan menambah boost sampai maksimal
(100).
Card Battle/Logic Fuzzy
Permainan kartu disukai oleh banyak orang karena
banyak jenis permainan yang bisa dimainkan hanya dengan sekotak kartu.
Perkembangan permainan kartu dijaman sekarang, membuat permainan kartu tidak
hanya meggunakan sekotak kartu remi. Mungkin banyak orang pernah memainkan game
ini, yaitu Card Battle. Salah satu contoh dari game Card Battle yaitu YU-GI-OH.
Dimana pemain harus mengeluarkan kartu untuk mengalahkan lawan. Card Battle
biasanya dimainkan oleh dua orang, dimana pemain saling bertarung dengan kartu
yang dimiliki masing-masing pemain. Pemain juga bisa bermain Card Battle
sendirian dengan lawan main yaitu komputer. Meskipun bermain dengan komputer,
bukan berarti mudah untuk mengalahkanya, karena lawan main atau komputer dalam
game card battle telah diterapkan Artificial Intelligence (AI) atau sering
disebut juga sebagai kecerdasan buatan untuk mengatur pola pikir komputer pada
saat kondisi bermain. Pada game ini pemain tidak harus memilih sebuah kotak
yang berisi kartu monster atau semacamnya. Karena pada game ini pemain akan
diberi beberapa lembar kartu yang akan keluar secara acak yang mempunyai nilai
atau angka untuk menentukan serangan dan pertahanan pemain. Pada game ini
pemain akan melawan komputer. Misalkan komputer yang akan dilawan pemain tidak
memiliki AI (Artificial Intteligence), akan mudah saja bagi pemain untuk
mengalahkan komputer. Penerapan AI pada game ini sangat dibutuhkan untuk
membuat permainan lebih menarik dan membuat komputer dapat memilih kartu yang
tepat berdasarkan kondisi saat bermain.
Game Stochastic/Sistem Markov
Dalam teori permainan, permainan stochastic,
diperkenalkan oleh Lloyd Shapley di awal 1950-an, adalah permainan dinamis
dengan transisi probabilistik yang dimainkan oleh satu atau lebih pemain. Gim
ini dimainkan secara berurutan. Pada awal setiap tahap permainan ada di
beberapa negara bagian. Para pemain memilih tindakan dan setiap pemain menerima
pembayaran yang tergantung pada keadaan saat ini dan tindakan yang dipilih.
Permainan kemudian pindah ke keadaan acak baru yang distribusinya tergantung
pada keadaan sebelumnya dan tindakan yang dipilih oleh pemain. Prosedur ini
diulang pada keadaan baru dan bermain terus untuk sejumlah tahap yang terbatas
atau tak terbatas. Imbalan total untuk pemain sering dianggap sebagai jumlah
diskon dari pembayaran tahap atau batas lebih rendah dari rata-rata dari
pembayaran tahap.
Permainan stokastik menyamaratakan proses
pengambilan keputusan Markov dan permainan berulang.
Game Telltale Series/State Machine
Saat di
mode free room, pemain dapat dengan bebas mengulangi satu state berkali-kali
sampai akhirnya menyelesaikan puzzle.
Misal,
ketika Jesse Clementine yang tangannya terluka parah akibat gigitan anjing, ia
masuk mengendap-endap ke seluruh ruangan penginapan Luke untuk mencari
obat-obatan. Atau di akhir season 1 Minecraft: Story Mode ketika Jesse harus
menyelesaikan puzzle untuk mendapatkan lokasi dari anggota The Order of The
Stone yang lainnya di peta.
Game Tetris
Tetris adalah permainan
teka-teki bangunan yang pertama kalinya didesain oleh Alexey Pajitnov pada
bulan Juni 1985, saat itu, ia masih bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di
Akademi Sains Uni Soviet di Moskow, nama tetris sendiri diambil dari bahasa
numerik yunani, yaitu tetra yang artinya empat. Empat sendiri adalah jumah
susunan balok yang bisa diubah-ubah ke dalam berbagai bentuk untuk selanjutnya
disusun oleh si pemain untuk dapat saling terkunci.
http://sisteminfomasi.blogspot.co.id/2010/05/aplikasi-sistem-pakar-diagnosa-penyakit.html
https://syaifulmaarif374.wordpress.com/2015/10/23/rantai-markov/
http://diagram-uml.blogspot.co.id/2012/09/state-machine-diagram.html
http://dua7an.blogspot.co.id/2013/12/tentang-pohon-keputusan-decision-tree.html
http://danas0230.blogspot.co.id/2011/09/tugas-2-sistem-pakar-rule-based-system.html
Komentar
Posting Komentar