TULISAN BAB 5 - AI DALAM TAKTIKAL DAN STRATEGI
Nama : Ramadhan Eko Nugroho
Kelas : 3IA20
NPM : 55415628
TULISAN BAB 5
AI DALAM TAKTIKAL DAN STRATEGI
A.
Taktik dan Strategi pada AI
1.Artillery permainan
Artileri adalah nama generik untuk baik awal dua
atau tiga pemain (biasanya turn-based) permainan komputer yang melibatkan tank
berkelahi satu sama lain dalam pertempuran atau permainan derivatif serupa.
2.Strategi Real-time
Strategi real-time "(RTS) menunjukkan bahwa
tindakan dalam permainan kontinu, dan pemain akan harus membuat keputusan dan
tindakan mereka dalam latar belakang negara permainan yang terus berubah, dan
komputer real-time strategy gameplay ditandai dengan memperoleh sumber daya,
membangun pangkalan, meneliti teknologi dan memproduksi unit.
3.Taktik Real-time
Taktik Real-time (disingkat RTT dan kurang umum
disebut sebagai fixed unit real-time strategy) adalah subgenre dari wargames
taktis bermain di real-time simulasi pertimbangan dan keadaan perang
operasional dan taktik militer
4.Strategi Turn-based
"Turn-based game strategi" (TBS) biasanya
diperuntukkan bagi strategi permainan komputer tertentu, untuk membedakan
mereka dari real-time strategi permainan komputer. Seorang pemain dari permainan
turn-based diperbolehkan periode analisis sebelum melakukan aksi game. Contoh
genre ini adalah Civilization ,
Heroes of Might and Magic , Making History , Muka
Wars , Master of Orion , dan Worms seri.
Taktik turn-based ( TBT ), atau taktis turn-based ( TTB
), adalah genre strategi video game yang melalui stop-tindakan mensimulasikan
pertimbangan dan keadaan perang operasional dan taktik militer di umumnya
konfrontasi skala kecil dibandingkan dengan pertimbangan yang lebih strategis
dari strategi turn-based (TBS) permainan.
Turn-based gameplay taktis ditandai dengan harapan
pemain untuk menyelesaikan tugas mereka hanya menggunakan pasukan tempur yang
diberikan kepada mereka, dan biasanya dengan penyediaan representasi yang
realistis (atau setidaknya dipercaya) dari taktik militer dan operasi. Modus
gameplay utama dalam sebuah wargame biasanya taktis: pertempuran pertempuran.
B.
Contoh Game
Game Strategi Real-Time – Age of empire II
Bagi penggemar game ber-genre real time strategy,
game Age of Empires tentunya sudah tidak asing lagi. Game RTS tersebut
merupakan salah satu game populer di era tahun 1997 – 2007 lalu. Salah satu
game dari seri tersebut, yaitu Age of Empires II, bahkan bisa disebut sebagai
salah satu game yang membawa perubahan besar di dunia RTS, termasuk beberapa
hal baru yang disebut mempengaruhi dunia RTS hingga saat ini. Age of
Empires II inilah yang kali ini akan menjadi topik NostalGame kami! Dirilis
pertama kali di tahun 1999, game Age of Empires II: Age of Kings menjadi salah
satu game terlaris di tahun tersebut. Game tersebut mendapatkan dua expansion
pack, The Conquerors yang dirilis di tahun 2000 dan The Forgotten yang disebut
sebagai update “semi-official” serta baru dirilis saat Age of Empires II
berumur 14 tahun!
Game Strategi Turn-based – Rome:Total war
Rome: Total War berlatar
selama akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi. Game ini dirilis pada
tahun 2004 dan dikembangkan oleh Creative Assembly. Ceritanya sendiri berpusat
pada pertempuran historis dan fiksional yang seru dan menantang. Sebagai game
TBS, Rome: Total War tak hanya menampilkan peperangan yang menegangkan, tapi
juga disertai taktik dan strategi yang harus dikuasai pemain.
Daftar Pustaka
[1] 2015.Age of empire II.Diambil dari:
http://jagatplay.com/2015/02/news/nostalgame-age-of-empires-ii//.(19 juni 2018
jam 20:29 WIB).
[2] 2017.Game Turn based.Diambil dari: https://jalantikus.com/tips/game-turn-based-strategy/.(
19 juni 2018 jam 20:30 WIB).
[3] Alesandro.2016.Algoritma game.Diambil
dari:http://aleselales.wixsite.com/alessandro/single-post/2016/03/30/GAME-DAN-ALGORITMA-GAME.(
19 juni 2018 jam 20:30 WIB).
Komentar
Posting Komentar