TULISAN BAB 5 - AI DALAM TAKTIKAL DAN STRATEGI


Nama  : Ramadhan Eko Nugroho
Kelas  : 3IA20
NPM  : 55415628

TULISAN BAB 5
AI DALAM TAKTIKAL DAN STRATEGI

A. Taktik dan Strategi pada AI
1.Artillery permainan
Artileri adalah nama generik untuk baik awal dua atau tiga pemain (biasanya turn-based) permainan komputer yang melibatkan tank berkelahi satu sama lain dalam pertempuran atau permainan derivatif serupa.

2.Strategi Real-time
Strategi real-time "(RTS) menunjukkan bahwa tindakan dalam permainan kontinu, dan pemain akan harus membuat keputusan dan tindakan mereka dalam latar belakang negara permainan yang terus berubah, dan komputer real-time strategy gameplay ditandai dengan memperoleh sumber daya, membangun pangkalan, meneliti teknologi dan memproduksi unit.

3.Taktik Real-time
Taktik Real-time (disingkat RTT dan kurang umum disebut sebagai fixed unit real-time strategy) adalah subgenre dari wargames taktis bermain di real-time simulasi pertimbangan dan keadaan perang operasional dan taktik militer

4.Strategi Turn-based
"Turn-based game strategi" (TBS) biasanya diperuntukkan bagi strategi permainan komputer tertentu, untuk membedakan mereka dari real-time strategi permainan komputer. Seorang pemain dari permainan turn-based diperbolehkan periode analisis sebelum melakukan aksi game. Contoh genre ini adalah Civilization ,
Heroes of Might and Magic , Making History , Muka Wars , Master of Orion , dan Worms seri.
Taktik turn-based ( TBT ), atau taktis turn-based ( TTB ), adalah genre strategi video game yang melalui stop-tindakan mensimulasikan pertimbangan dan keadaan perang operasional dan taktik militer di umumnya konfrontasi skala kecil dibandingkan dengan pertimbangan yang lebih strategis dari strategi turn-based (TBS) permainan.
Turn-based gameplay taktis ditandai dengan harapan pemain untuk menyelesaikan tugas mereka hanya menggunakan pasukan tempur yang diberikan kepada mereka, dan biasanya dengan penyediaan representasi yang realistis (atau setidaknya dipercaya) dari taktik militer dan operasi. Modus gameplay utama dalam sebuah wargame biasanya taktis: pertempuran pertempuran.


B. Contoh Game
Game Strategi Real-Time – Age of empire II

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzWu96Xaf2Yby_2bLOK3uoBfoBdd4Y-qQAkeuydpx63HgPpfWrSU4jP4xbezzDM08fJCIWrqlPBCDVJSxW4xH5J63RHxAOuHqIj6aig0FowL2fn_Tiw0iiKp2iFuUwX6RqUUc_MLt_pgGK/s320/RTS+-+age+of.jpg

Bagi penggemar game ber-genre real time strategy, game Age of Empires tentunya sudah tidak asing lagi. Game RTS tersebut merupakan salah satu game populer di era tahun 1997 – 2007 lalu. Salah satu game dari seri tersebut, yaitu Age of Empires II, bahkan bisa disebut sebagai salah satu game yang membawa perubahan besar di dunia RTS, termasuk beberapa hal baru yang disebut mempengaruhi dunia RTS hingga saat ini. Age of Empires II inilah yang kali ini akan menjadi topik NostalGame kami! Dirilis pertama kali di tahun 1999, game Age of Empires II: Age of Kings menjadi salah satu game terlaris di tahun tersebut. Game tersebut mendapatkan dua expansion pack, The Conquerors yang dirilis di tahun 2000 dan The Forgotten yang disebut sebagai update “semi-official” serta baru dirilis saat Age of Empires II berumur 14 tahun!

Game Strategi Turn-based – Rome:Total war

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOtTTkCv2mA1Zlv3kxFwlKjzSKMZak9D2QplV8kFq3MVAQKzHkHrIQzKNIp90_68GWWpGok0N8Yeo1C0xVqnWA_n6kbB7GlI8HEYs4WFqwhOnlsMAeI_cykdo0wvlZFCTsBp1yyUFtMNxF/s320/tbs.jpeg
















        Rome: Total War berlatar selama akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi. Game ini dirilis pada tahun 2004 dan dikembangkan oleh Creative Assembly. Ceritanya sendiri berpusat pada pertempuran historis dan fiksional yang seru dan menantang. Sebagai game TBS, Rome: Total War tak hanya menampilkan peperangan yang menegangkan, tapi juga disertai taktik dan strategi yang harus dikuasai pemain.




Daftar Pustaka

[1] 2015.Age of empire II.Diambil dari: http://jagatplay.com/2015/02/news/nostalgame-age-of-empires-ii//.(19 juni 2018 jam 20:29 WIB).

[2] 2017.Game Turn based.Diambil dari: https://jalantikus.com/tips/game-turn-based-strategy/.( 19 juni 2018 jam 20:30 WIB).

[3] Alesandro.2016.Algoritma game.Diambil dari:http://aleselales.wixsite.com/alessandro/single-post/2016/03/30/GAME-DAN-ALGORITMA-GAME.( 19 juni 2018 jam 20:30 WIB).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

OFFICE AUTOMATION

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK