PEMBENTUKAN JATI DIRI

Pembentukan jati diri saya dimulai ketika saya memasuki usia remaja. Dimasa saya sudah mulai berpikir sebenarnya saya ini siapa, tujuan saya hidup dunia itu apa, dan apa sebenarnya yang membedakan saya dengan orang lain. Dan entah kenapa dimasa memasuki masa remaja saya ini, saya sedikit mengalami perubahan yang sangat drastis. Saya mulai bersikap memberontak, melawan, dan saya tidak mau dilarang lagi. Dan saya berpikir apakah ini yang dinamakan pembentukan jati diri saya?.  Disatu sisi saya hanya memikirkan diri saya sendiri dan bersifat acuh terhadap kedua orangtua saya yang selalu mengingatkan saya. Dalam pikiran saya hanya satu saya ingin mencari jati diri saya yang sebenarnya. Entah kenapa masalah-masalah pun mulai menimpa saya. Tetapi sejujurnya masalah-masalah saya ini banyak memberikan pengalaman dan pelajaran kepada saya. Banyak sekali momen yang tidak bisa saya lupakan ketika saya duduk dibangku SMP. Banyak masyarakat yang bilang masa remaja adalah masa dimana rasa keingintauan/rasa penasaran seorang anak sangat tinggi. Memang benar apa yang diungkapkan oleh masyarakat mengenai opini tersebut karena hal ini banyak saya alami dimasa SMP. Hal salah satu terbodoh yang saya pernah lakukan waktu itu adalah merokok. Mengapa saya bilang merokok itu hal pun terbodoh? Karena sejak kecil saya benci sekali dengan yang namanya rokok dan saya berpandangan saya tidak akan menyentuh barang itu sampai kapan pun tapi saya malah melakukan. Disitu saya merasa penasaran apa itu rokok? Bagaimana rasanya? Mungkin itu hanya coba-coba saja karena pada akhirnya dan sampai sekarang saya tidak pernah menyentuh barang itu lagi. Pada masa itu saya merokok karena dpengeruhi dan dipaksa oleh teman saya untuk merokok. Tetapi semua itu saya jadikan pelajaran dan pengalaman bagi saya. Masa SMP itu masa labil saya saya banyak terpengaruh oleh ajakan teman saya untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. Dan saya berpikir ternyata teman membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan kita baik itu pengaruh positif maupun negatif. Oleh karena itu, faktor-faktor seperti lingkungan, teman dan orang tua yang berperan dalam pembentukan jati diri kita. Setelah Saya lulus SMP dan melanjutkan ke SMA disini saya mulai mencoba merubah pola hidup saya agar kesalahan-kesalahan dimasa lalu tidak terulang kembali. Disini saya mulai aktif dengan melakukan kegiatan-kegiatan disekolah seperti mengikuti eskul sepak bola dan kegiatan organisasi lainnya. Saya mengikuti eskul sepak bola karena memang dari kecil saya sudah menyukai olahraga ini. Walaupun saya sudah menekuni sepak bola sudah lama tetapi saya merasakan kalau disepak bola itu sekedar hobi saja dan tidak lebih hanya untuk kesenangan belaka. Dan bukan berarti tujuan saya ingin menjadi atlit sepak bola.  Malah saya malah lebih tertarik dengan ilmu sains dan matematika entah kenapa rasanya saya tertarik ingin menggeluti bidang ini. Sampai pada saat itu saya mengikuti OLIMPIADE SAINS tingkah sekolah dikotaku ya walaupun tidak membawa kemenangan tetapi saya tetap bangga karena bisa mengikuti OLIMPIADE SAINS. Disini saya mulai berpikir bahwa saya mempunyai bakat terpendam dibidang sains ini. Tetapi dimasa SMA ada suatu momen yang membuat saya down tetapi saya dipaksa untuk bangkit yaitu momen ketika saya mendaftar ke perguruan-perguruan tinggi negeri tetapi hasilnya nihil tidak ada satupun yang lolos. Disini saya benar-benar down karena harapan kedua orang tua saya yang ingin saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ternyata hasilnya nihil. Saya benar-benar menyesal kepada orangtua saya karena sudah berusaha kerja keras mencari uang agar saya bisa sekolah ke perguruan tinggi negeri hanyalah sia-sia. Walaupun benar-benar menyakitkan tetapi mau bagaimana lagi nasi sudah menjadi bubur. Disaat kondisi seperti ini baru saya mulai berpikir bahwa tujuan hidup saya harus sukses demi kedua orangtua saya dan tidak ingin mengecewakan kedua orangtua saya untuk kedua kalinya. Mungkin disinilah jadi diri saya mulai terbentuk dan hidup saya pun terarah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN SOCKET PGA DAN LGA

OFFICE AUTOMATION

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP ILMU DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIK